Poster LKTI NASIONAL BERMANFAAT FESTIVAL ILMIAH MAHASISWA 2014

Ceritanya seorang adik tingkat meminta saya mendesainkan poster ilmiah dalam kegiatan LKTI. Mereka lolos dalam kegiatan kompetensi LKTI Nasional bermanfaat festifal ilmiah mahasiswa 2014 studi ilmiah mahasiswa UNS. 

Judulnya adalah "Rancang Bangun Farmer Tube: Teknologi Pelubang Tanah Guna Membantu Petani Saat Musim Tanam". 

Berikut merupakan desain posternya yang saya bikin untuk mereka (free charge) sehingga desainnya sederhana. Waktu itu mereka mintanya cepat, 1 hari harus jadi karena segera dicetak dan dibawa ke solo. Desain jauh dari sempurna namun cerita mereka sih, tim mereka menjadi juara 4. Yang dinilai salah satunya adalah poster ilmiah (aspek lain setelah KTI, presentasi dan tanya jawab)

Deskripsinya adalah sebagai berikut ini:
============================

Latar Belakang
- Pertumbuhan sektor pertanian yang semakin kalah dengan sektor lain disebabkan oleh metode pertanian yang masih tradisional khususnya metode (gejik) di daerah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro
- Padahal dilihat dari kondisi geografisnya, Indonesia sangat potensial untuk membangun perekonomian dengan basic pertanian.
- Alat yang digunakan kurang efektif dan efisien
- Proses penanaman membutuhkan Waktu Yang Lama
- Upah yang dikeluarkan cukup tinggi
- Sulitnya mencari pekerja tani (buruh tani).


Tujuan
Tujuan pembuatan rancang bangun Farmer Tube yang paling utama adalah untuk mengembangkan teknologi yang mampu menggantikan posisi pekerjaan “gejik” sehingga petani dapat bekerja secara efektif, efesien, dan ekonomis
Farmer Tube sebagai solusi inovatif dan praktis dalam menanggulangi kesulitan petani saat musim tanam kususnya dalam pelubangan tanah. sehingga dapat dikembangkan dan diterapkan oleh masyarakat, pemerintah, dan lembaga pertanian Indonesia.

Keunggulan
- Mempermudah pelubangan Tanah
- Meghasilkan lubang pada tanah dengan dengan efisiensi waktu yang lebih cepat
- Waktu pengerjaan  lebih cepat (satu kali putaran menghasilkan 16 lubang)
- Mudah perawatannya dan penggunaanya
- Tidak membutuhkan tenaga manusia yang banyak sehingga menghemaat pengeluaran biaya untuk upah

Kesimpulan
Pada saat musim tanam di daerah Bojonegoro mayoritas petani sebelum melakukan penananam padi, jagung, kedelai dan lain-lain akan melakukan pelubangan tanah dengan menggunakan “gejik”. Alat ini terbuat dari kayu sehingga tidak efektif apabila digunakan pada tanah yang keras. Berdasarkan observasi dan wawancara di daerah Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro menunjukkan bahwa dalam pengerjaan pelubangan tanah membutuhkan waktu yang lama yaitu 10-12 jam dengan luas tanah 15 m x 15 m dengan alokasi pekerja 4-6 orang. Sehingga dibutuhkan alat yang mampu menggantikan pengerjaan tersebut. Untuk itu penulis membuat rancangan teknologi Farmer Tube dimana alat ini mampu melakukan pelubangan tanah selama 60 menit dengan luas area lintasan 10 m2.


============================
Berikut desainnya,



0 komentar:

Posting Komentar