Membuat Profil di Google Scholar

Baca juga:
1. Export from Google Scholar to Researchgate
2. Membuat akun Researchgate
3. Menembus Jurnal Internasional Bereputasi
4. Membuat poster ilmiah untuk Simposium
  
Tulisan berjudul “membuat profil di google scholar” ini berawal dari suatu cerita, yups ceritanya saya sedang ngikut trend. teman-teman kolega saya sudah mempunyai profil di google scholar (dalam bahasa = google cendekia) sedangkan saya belum, padahal artikel-artikel hasil belajaran saya beberapa juga terindex di google. Akhirnya saya surfing tentang “apa sih manfaat membuat profil di google scholar itu?. Berikut jawaban yang saya dapatkan adalah

  • Sebagai branding personal dalam bidang tertentu, karena Google scholar adalah mesin pengindex untuk makalah, buku dan karya-karya cendekia lainnya dalam bentuk tertulis. Selain google mesin index = scopus, Copernicus, ProQuest, IEEE-Xplore, ANED dll.
  • Meningkatkan visibilitas di dunia maya, Visibilitas di google scholar ini juga menjadi parameter dalam penilai rangking seorang individu (peneliti/ dosen/ mahasiswa) versi webometric (http://www.webometrics.info/en/node/96
  • Visibilitas juga membantu meningkatkan penilaian oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia seperti THES, sebab salah satu kriteria pemeringkatan perguruan tinggi adalah jumlah citation index yang dikumpulkan oleh mesin pencari.

Beberapa point yang perlu dicatat adalah sebagai berikut:

  • Kita wajib punya akun e-mail google
  • Email yang terverivikasi berakhiran ac.id, or.id,org ataupun com
  • setting akun google scholar adalah “manual” (istilahnya sebagai filter karya tulis), berdasarkan pengalaman salah satu penulis di suaru artikel adalah banyak tulisan yang bukan karya kita masuk ke gogle scholar kita jika kita pilih otomatis. 
Yah, saya membuat profil ini barangkali sebagai credit value atau memberikan kontribusi manfaat dalam dunia keilmiahan meskipun saat ini sedang belajaran, ya belajar elektronika, belajar menulis hasil penelitian dan masih banyak yang perlu yang saya pelajari. Nah, berikut saya membagikan tata cara membuat profil di google scholar. Kebetulan saya juga baru membuatnya (Printsreen capture pada tanggal 30 November 2015)

Mengetik nama lalu lakukan search, disitu tertampil “Berdiri di Bahu Raksasa” yang merupakan slogan google scholar. Yups, memang tujuan dari mesin search ini adalah sebagai penyimpan database super raksasa dari semua artikel ilmiah yang ada di dunia maya.   

 Selanjutnya terdapat tulisan “Lacak kutipan ke artikel Anda dengan Pengutipan Google Cendekia” artinya belum terdaftar. Google saya terdefault dalam Bahasa, untuk English menyesuaikan. Pilih “pelajari lebih lanjut” untuk prosedur, intinya sama dengan langkah-langkah yang telah saya tulis dalam artikel berjudul “Membuat Profil di Google Scholar”



Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, Terdapat 3 langkah yakni Profil, Artikel, dan Pembaharuan.


Langkah-1 adalah pengisian profil, Masukkan nama lengkap kita yang tentu saja sesuai dengan KTP dan nama di dokumen-dokumen paper yang telah dipublikasi baik via conference ataupun scientific journal. Bukan nama samaran dan nama boleh menggunakan gelar, namun disini saya memasukkan tanpa gelar. Selanjutnya masukkan afiliasi kita, saya S1 di Universitas Negeri Malang. Saya bingung, manakah yang saya masukkan. Dokumen saya semasa S1 juga banyak. Namun saya masukkan afiliasi yang sekarang saja. Masukkan email, bidang minat dan personal website. Boleh blogspot atau wordpress akan lebih baik lagi .com atau domain .ac.id J. Tapi saya tidak punya. Setelah sudah terisi, tekan “Langkah selanjutnya” or next step.

Step kedua adalah pencarian artikel yang telah kita tulis (baik di conference, journal atau tulisan ilmiah).
  • Tambahkan ke profil dengan cara menekan tombol “Tambah”. Setelah ditambahkan akan  keluar notifikasi “artikel ini sudah diprofil anda
  • Kita dapat mengedit atau menghapus artikel dengan cara menekan tombol hapus artikel di profil atau menambahkan artikel lainnya ke profil kita.
  • Ingat, hanya nama kita yang ditambahkan, bukan nama orang lain. 




Langkah ke-3, atau langkah terakhir adalah Pembaharuan, tampilan seperti dibawah ini. Saya memilih “perbaharui daftar artikel di profil saya secara otomatis” karena pilihan kedua agak ribet, harus konfirmasi via email. Hehe. Bila tuntas, selanjutnya tekan tombol Buka profil saya


Dan taraaaaa……………………, ini adalah profil saya di Google. Agak heran sih, karena ada beberapa artikel hasil dari seminar/ symposium/ konferensi yang tidak tercantum disini. Sitasi juga sedikit, padahal saya juga melakukan self citation dan juga beberapa makalah saya di sitasi oleh researcher lain. 


Beberapa makalah saya tidak terindex di google karena memang tidak  terkaver. Dalam hal ini diperlukan media lain untuk menyimpan dokumen di dunia maya. Bisa lewat  
  • Scribt,
  • Academia.edu
  • Dostoc
  • Ziddu 
  • Mediafire 
  • Dropbox
  • Researchgate
  • Linkedin   
Nah, Karena beberapa artikel yang saya baca menyarankan untuk unggah di researchgate, saya mengikutinya. Bagaimana membuat akun di researchgate? Tutorial akan saya ulas pada posting yang lain. (Saya juga baru akan membuatnya, hehe). 

Kalau dilihat dengan seksama tampilan gambar sebelumnya, 
Email di students.itb.ac.id menunggu verifikasi. Mengapa? 
Profil saya bersifat pribadi, Perlihatkan ke publik
 
Selanjutnya adalah verivikasi email, buka email yang telah kita daftarkan. Berikut tampilannya (Gambar kotak masuk da isi dari email).

 Tekan tombol “VERIVIKASI ALAMAT EMAIL”Untuk pengaturan untuk pribadi atau untuk umum tinggal tekan perlihatkan ke publik. Dan akhirnya inilah profil lengkap saya di google scholar J. Kita dapat menambahkan foto yang paling keren untuk display picture.  
  

 Google Scholar mengindex dokumen dari Researchgate setelah jangka waktu 4 Bulan. Jadi harus sabar menunggu dalam kurun waktu tersebut (berdasarkan pengalaman sih...)
Tulisan yang disarankan:

1.      Ferry Effendy, Bagaimana Cara Diindeks oleh Google Scholar

2.      Yervi. Sudahkan Anda Punya Akun di Research Gate dan Google Scholar? http://staff.unand.ac.id/yervi/2014/01/17/sudahkan-anda-punya-akun-di-research-gate-dan-google-scholar/. Artikel ditulis pada 17 Januari 2014

 

4.      Rinaldi Munir, Punya Profile di “Google Scholar” https://rinaldimunir.wordpress.com/2012/04/20/punya-profile-di-google-scholar/

Artikel ditulis pada 20 April 2012







·        

 







4 komentar: