RANGKAIAN OSILATOR GELOMBANG SINUS JEMBATAN WIEN

Tulisan Diupdate pada: 20 Januari 2015

PRAKATA 
Dari semua postingan di blog ini, salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah artikel berjudul "Rangkaian Oscillator Gelombang Sinus Jembatan Wien (Wien Bridge)". Maka dari itu, tulisan ini saya update agar lebih memiliki nilai manfaat. Konten-kontennya saya ambil dari modul praktikum yang merupakan hasil produk skripsi saya.

Anda dapat membaca hasil publikasi "Rangkaian Oscillator Gelombang Sinus Jembatan Wien (Wien Bridge)" di akun researchgate saya disini sedangkan aplikasi dari oscillator wien bridge ini dapat anda unduh disini


Sekedar informasi, skripsi saya adalah tentang alat peraga oscillator beserta manual book dan modul praktikumnya. Terdapat 3 jenis oscillator yakni: LC, RC dan Relaksasi. Berikut merupakan modul oscillator yang telah saya kembangkan di Universitas Negeri Malang (UM)
1. Oscillator Penggeser Fasa 180 derajat RC / Phase Shift RC
2. Oscillator Wien Bridge (Postingan ini)


3. Oscillator Twin-T
4. Oscillator Hartley
5. Oscillator Colpitts
6. Oscillator Clapp
7. Astable Multivibrator (Flip-Flop)
 

Postingan lain terkait informasi dari jenis-jenis oscillator, saya sampaikan pada postingan lain lengkap dengan artikel publikasinya.

Saya sebenarnya sangat menyayangkan, ada salah satu mahasiswa yang saya asisteni dulu (S1 PTE 2012 FT UM) melakukan copy-paste modul softcopy saya di blog pribadinya tanpa mencantumkan sumber tulisan dari mana. Agar tidak terjadi duplikasi artikel, saya harus mentautkan link-nya. Berikut merupakan tulisan saya di blog pribadinya, disini

Ada beberapa referensi terkait oscillator Wien Bridge yang dapat dijadikan acuan dalam rangka mengetahui, mengerti dan mengaplikasikan rangkaian tersebut:



Asad, Syed Muhammad. Oscillators. EEET 201 - Chapter 16. E-Modul dapat
diakses di laman:

Ron Mancini and Richard Palmer. 2001. Sine-Wave Oscillator: Wien Bridge
Oscillator. Texas Instrument Application Report SLOA060 - March 2001.
PP 10-11

Storr, W. 2014. The Wien Bridge Oscillator. Artikel dapat diakses di laman:



Dan link ini

Oscillator Wien Bridge
Oscilator ini ditemukan oleh Max Wien yang lahir pada tahun 1866 di Kaliningrad Rusia dan tinggal di Jerman, secara utuh rangkaian oscilator jembatan wien adalah seperti Gambar dibawah ini:

Frekuensi yang dihasilkan oleh oscilator jembatan wien adalah dari range 1 Hz sampai 1 MHz. Sehingga besar R dan C tersebut diatur sedemikian rupa sehingga frekuensi outputnya dapat menunjukkan minimal sebesar 1 KHz. Sebab bila kurang dari 1 KHz maka akan menyebabkan rangkaian menjadi tidak stabil, akibatnya pembacaan menjadi tidak akurat dan terpengaruh waktu (s). 

Sedangkan bila pengaturan frekuensi bila diatas 1 MHz maka frekuensi akan terpotong, hal ini karena keterbatasan gain dari OP-AMP. Dalam kasus ini maka diperlukan Op-Amp khusus yang dapat bekerja pada frekuensi tinggi. Rumus Oscillator Jembatan Wien adalah:


Contoh

Rencanakan dan gambarkan sebuah rangkaian oscilator Jembatan Wien bila frekuensi output yang diingikan sebesar 1Khz dengan kapasitor 1μF!

Jawab:
Contoh lain
Tentukan frekuensi maksimum dan minimum osilasi dari rangkaian oscilator Jembatan Wien yang memiliki Resistor 2KΩ dan kapasitor Variabel 1nF ke 100nF!
 




Kesimpulan



  • Kelebihan oscilator jembatan wien ini menghasilkan output yang konstan dan dapat diatur frekuensinya dengan mudah, tentunya menggunakan potensiometer pada R atau variable kapasitor pada C. 
  • Oscilator jembatan wien dapat dapat menghasilkan osilasi sinyal output meskipun tanpa menggunakan sinyal input berbagai macam frekuensi. 
  • Gain tegangan pada penguat minimal sama dengan 3 (Gain = 3). 
  • Penguatan (Gain) menggunakan Non-Inverting Amplifier. 
  • Agar menghasilkan osilasi sempurna maka syarat yang harus dipenuhi adalah R1 HARUS sama dengan R2 dan C1 HARUS sama dengan C2,



2 komentar: