Membuat Akun di Researchgate

Baca juga:  
Export from Google Scholar to Researchgate
Membuat Poster untuk Simposium
 
Tulisan berjudul “membuat akun di Researchgate” ini berawal dari suatu cerita, yups ceritanya berhubungan erat dengan tulisan “membuat profil di google scholar”. Didalam artikel “membuat profil di google scholar” tersebut saya telah mengulas bahwa beberapa artikel saya tidak terindex di google, sehingga untuk menambahkan artikel saya harus upload dokumen ilmiah di media yang berbeda, telah saya sebutkan beberapa platform yang dapat kita manfaatkan seperti: ziddu, 4shared, dropbox, googledocs dan masih banyak yang lain. Salah satunya adalah Researchgate yang mana menjadi topik bahasan dalam posting kali ini. Kenapa harus researchgate? Tidak platform upload dokumen yang lain?. Sebenarnya apa sih manfaat dari membuat akun “Researchgate?”. Berikut merupakan rangkuman dari berbagai literature yang telah saya dapatkan. beberapa point dibawah ini menjadi rekomendasi, kenapa kita harus memiliki akun di researchgate.



  • Kita (peneliti/akademisi dosen/mahasiswa) dapat membuat profil seperti facebook, didalamnya terdapat daftar pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan minat. Sama halnya facebook, kita dapat menambah friend, baik yang sebidang atau lintas bidang keilmuan. Sehingga tercipta suasana jaringan antar peneliti.
  • Dengan situs ini kita dapat mengunggah tulisan ilmiah yang telah kita presentasikan dalam konferensi maupun publikasi di jurnal atau tulisan dalam bentuk teks lain. Dengan demikian tulisan kita dapat diakses oleh akademisi seluruh dunia yang terjaring oleh situs ini.
  • Sama halnya google scholar, situs ini juga terdapat fitur statistic mengenai jumlah paper yang telah kita upload, didownload oleh orang lain maupun yang dirujuk/disitasi oleh peneliti lain
  • Fitur yang tersedia yang mana tidak terdapat pada platform yang telah saya sebutkan adalah sebagai berikut: ReStory, ReMeet ReVote, Virtual Conference. Kita dapat melakukan Tanya jawab, berbagi paper, diskusi suatu topik dan memungkinkan rekan untuk kolaborasi penelitian.
  • Situs ini menyediakan kapasitas/database tulisan ilmiah yang sangat besar, seperti halnya fitur Pubmed, citeseer, IEEE-Xplore, Scopus dan lain-lain. Sehingga kita dapat searching topic hasil penelitian yang kita cari misalnya sebagai bahan referensi untuk skripsi. Namun perlu dicatat bahwa untuk menggunakan researchgate, sebaiknya temen-temen membuat akun dulu.

Untuk membuat akun diperlukan alamat email resmi kampus, misalnya ...@student.um.ac.id atau @student.itb.ac.id. Sehingga harus membuat email resmi selanjutnya diperbolehkan membuat akun di researchgate.



Berikut saya membagikan tutorialnya. Kebetulan saya juga baru membuatnya (Printsreen capture pada tanggal 30 November 2015)

1. Mengetik http://www.researchgate.net/ selanjutnya akan tampil dibawah ini,  


2. Join For Free, akan tampil screen shot dibawah ini, Masukkan data-data dalam form 

3. Langkah selanjutnya adalah masukkan alamat email institusi kita beserta passwordnya. 

4. Bila sudah maka akan tampil halaman sebagai berikut ini, ternyata disana sudah ada 2 paper saya yang diunggah oleh jurnal dan teman saya. Karena setelah saya crosscheck memang benar yang tertampil disana adalah makalah saya maka saya klik “I AM THE AUTHOR”. Lanjutkan dengan klik “Continue”.
5.  Akan tampil “select your disciplines”, pilih sesuai bidang keilmuan kita, misalnya Engineering, selanjutnya kita diarahkan pada sub bidang ilmu, saya memilih dua bidang ilmu yakni electronic engineering dan engineering education, dan terakhir adalah tentang skills dan Continue.

6. Selanjutnya akan tampil akun kita seperti gambar dibawah. Upload foto yang paling keren, hehe 
7. Langkah terakhir adalah memencet tombol “Complete Sign up” dan taraaaaaaaaaaa…………., kita harus buka email yang telah didafarkan untuk di verivikasi. Klik Tombol warna biru yang bertuliskan confirm email address.







Unggah Dokumen
1. Untuk unggah dokumen, adalah klik PUBLICATIONS kemudian ADD YOUR PUBLICATION. Ada 3 menu, yakni Artikel pada jurnal, Artikel pada konferensi dan dokumen lainnya. Yang mana yang kita pilih tentu saja sesuai dengan jenis artikel kita. 


2. Dalam tutotial ini saya memilih Artikel di jurnal, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, disini ada 4 pilihan. Yakni Author Match, Reference Magager, Search dengan DOI a.k.a Digital Object Idenfier (saya sudah memasukkan DOI saya 10.14299/ijser.2013.07.002 tapi tidak menemukan, jadi harus è Manual Entry. (gambar tidak ada karena lupa menyimpannya dimana, hehe)


Kemudian drag and drop ke symbol tersebut atau select file (terserah pilihan kita). Setelah klik Continue akan tampil isian seperti dibawah ini, untuk kolom Journal masukkan saja ISSN dari jurnal. Page adalah halaman artikel kita. Klik FINISH dan Go to your publications.





Bagaimana, mudah bukan :). Berikut adalah hasil jadinya sampai sekarang (klik link ini)


Tulisan yang disarankan:
1. Sariyatun. Cara Mencari Artikel Ilmiah http://rsariyatun.blogspot.co.id/2015/07/cara-mencari-artikel-ilmiah.html. Artikel ditulis pada 25 Juli 2015


2. Muhammad Rayyan Ahdafy. sedikit mengenai ResearchGATE®











25 komentar:

  1. Saya sudah daftar sesuai tahapan diatas. Saya kemarin daftar. Untuk email institusi baru saya buat tadi pagi. Ketiga saya cek di email institusi verikasi belum ada mas. Apakah verikasi tersebut tidak muncul karena email institusi baru buat. Sebab pada saat daftar lagi ketemulah tulisan ini "The email address you provided is already in use."

    Mohon solusi gimana mengatasinya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sebelumnya kepada Pak Ahmadi karena sudah mampir di blok ini, Saya pribadi sebenarnya memiliki dua akun researchgate, dan proses membuatnya kurang lebih sama yang mana email verifivikasi akun baru, akan masuk di email yang kita input. Bisa jadi masuk di spam/junk, mohon dicek terlebih dahulu Pak.

      Hapus
  2. Wah menarik Pak/Bu, tapi ngiklan disini ndak gratis,
    harus mbayar :). hehe

    BalasHapus
  3. kalo institusi tidak menyediakan email buat mahasiswanygak bisa daftar ya? bisa minta tolong downlotin https://www.researchgate.net/publication/239995804_Medication_errors_in_children_A_descriptive_summary_of_medication_error_reports_submitted_to_the_United_States_Pharmacopeia ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru membalas komentar dari Bpk/Ibu
      Wajib memiliki email instansi, atau kontak ke email center Researchgate agar memiliki akses.

      Hapus
  4. Wah2,.. promosi obat kuat diartikel orang,

    BalasHapus
  5. Cara membuat emai instansi bagaimana mas? Saya sebagai mahasiswa kebingungan pada bagian tersebut. Atau bisa buat email sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimas bisa ke layanan TIK kampus untuk dibuatkan email berdomain ac.id atau .edu. Masing-masing kampus birokrasinya berbeda. Silahkan ditanyakan di bagian TIK atau kemahasiswaan barangkali bisa membantu prosedurnya seperti apa :)

      Hapus
  6. Nda punya email instansi bang, bisa minta request download 1 journal di sana tidak bang? Wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, berikan paper tersebut dan emailnya. InsyaAllah bisa membantu

      Hapus
    2. wahhh boleh tuh bang ane minta tolong dong masukin artikel ane ke website gitu

      Hapus
  7. saya membuat akun lagi di RG, tapi saat memasukan pasword selalu tidak bisa. akun yg lama saya delet karena awal masuk salah tidak menggunakan academic.

    BalasHapus
  8. Bisa tolong downloadkan 1 paper gak gan ? Saya kesulitan untuk registration

    BalasHapus
  9. Gue bukan mahasiswa, ataupun dosen. Gue juga gak kerja di instansi manapun. Tapi gue wkt itu ngajuin tesis ke pihak ResearchGate dan minta bantuan juga ama professor dr luar 😄 Dan voilà! Akun gue di approve ama team ResearchGate https://www.researchgate.net/profile/Jemmy_Wiratama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ini, pengetahuan baru ini Gan.
      Share ke kite-kite dongs.
      Gimana caranya. Pasti banyak yang mampir ke tulisan agan.

      Hapus
  10. Bisa minta tolong downloadin ini kak, thanks
    https://www.researchgate.net/publication/237524089_Implementation_strategies_for_Model_Eliciting_Activities_A_Teachers_Guide

    BalasHapus
  11. bisa minta tolong downloadin ga gan ?

    https://www.researchgate.net/publication/313397709_The_six_dimensions_service_of_quality_on_loyalty_mediated_student_satisfaction_Batavia_University

    BalasHapus
  12. saya mau masuk akun RG,
    krna lupa pasword..sdh mengikuti lanngkahny, tp email konfrmasi pasword tdk masuk2

    BalasHapus
  13. bang totlong downloadin dong bang
    https://translate.googleusercontent.com/translate_c?depth=1&hl=id&nv=1&prev=search&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&u=https://www.researchgate.net/publication/50602070_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_MENGGUNAKAN_GAME_MATEMATIKA_MILLIONAIRE_BERBASIS_ADOBE_FLASH&usg=ALkJrhjB6yt1E0OHK1b19kOxYPzC5w83Bg

    terimakasih banyak bang
    nanti kirim email saya salmanuaz08@gmail.com ya

    BalasHapus
  14. bang boleh minta tolong dong, gak punya email instansi nih
    https://www.researchgate.net/publication/326134108_Metrologi_manufaktur_Pengukuran_geometri_dan_analisis_ketidakpastian

    email saya : andiakrianto@gmail.com

    BalasHapus
  15. salam kenal trims info di blognya, sangat membantu

    BalasHapus
  16. kak, bisa minta tolong download buku ini? https://www.researchgate.net/publication/321264182_EKONOMI_SUMBERDAYA_ALAM_DAN_LINGKUNGAN_ESDAL_Teori_Kebijakan_dan_Aplikasi_bagi_Pembangunan_Berkelanjutan
    email saya chintyamila0@gmail.com terima kasih kak

    BalasHapus