Desain Sertivikat yang Pertama (Sebuah Cerita)

Sebenarnya hal yang pertama kali menjadi dorongan saya untuk belajar desain grafis digital adalah karena amanah dari sebuah organisasi saya dulu sewaktu S1 (masih MABA). Menjadi anggota dari sie Pubdekdok, ditugasi membuat desain sertivikat. Waduh... saya pernah buka program photoshop sebelumnya tapi desainnya jauh dari standard.

Dikejar deadline, soalnya 2 minggu harus tercetak. Kegiatan besar pula (Seminar Nasional tentang Nuklir 2011). Membuat saya cemas, saya ingin kursus singkat ke teman saya tapi sepertinya mereka sibuk akan tugas kuliah (maklum waktu MABA memang banyak tugas). Akhirnya saya belajar sendiri, nyari tutorial sana-sini namun memang secara umum. tidak dibahas secara praktis bagaimana membuat sertivikat kegiatan dari perencanaan sampai tahap akhir. Ada sih template gratis, tapi alangkah baiknya bila desain sertivikat se-tema dengan desain poster promosi kegiatan.

Singkat cerita saya belajar sendiri dengan banyak revisi. Tercetaklah sertivikat itu dan dibagikan kepada kurang lebih 400 peserta. Cukup puas... ini adalah hasilnya :)



Desain sertivikat pada kegiatan selanjutnya juga saya unggah disini :)



Dari situlah karir saya di bidang desain grafis digital, di setiap kegiatan di organisasi, saya selalu menjadi bagian membuat poster kegiatan. 

Selain itu, selain lewat tulisan artikel. Desain photoshop menjadi lahan rejeki. Banyak yang pesan desain produk, banner dan karikatur ke saya.

Dan di tahun 2015 saya menerbitkan sebuah buku bersama rekan saya yang berjudul "Jurus membuat poster kegiatan menggunakan Photoshop" yang membahas secara teknis bagaimana membuat poster dari perencanaan sampai finalisasi desain photoshop. Buku ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya 4 tahun itu. Resensi mengenai buku ini di ulas pada postingan berikutnya.


0 komentar:

Posting Komentar