PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Syifaul Fuada (100534402715)

S1 Pendidikan Teknik Elektro 2010 (ELEKTRONIKA)

1. Pengertian Pembelajaran Berbantuan Komputer

Segala aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer, sebagai alat bantu pembelajaran, dan komputer sebagai tutor.

2. Pengertian Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan merupakan kajian dan praktek untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Jadi tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran (agar efektif, efisien, dan menarik) dan meningkatkan kinerja.

3. Pembelajaran Berbantuan Komputer dalam Teknologi Pendidikan

Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan  atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro-processor. Berbagai aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai Computer Asissted Instruction (CAI). Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin dicapai meliputi tutorial, penyajian materi secara bertahap, drills, dan latihan simpel untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya dan keterampilan yang baru dipelajari dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan pengetahuan sesuai dengan keinginan masing-masing). Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran berbantuan komputer merupakan materi dari pembelajaran yang dibuat dalam bentuk aplikasi. Sedangkan teknologi pendidikan merupakan serangkaian perangkat atau media yang digunakan untuk membuat atau mendesain aplikasi pembelajaran agar lebih efektif, efisien, dan menarik).

 

Tugas Mata Kuliah

PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

0 komentar:

Posting Komentar