Seminar IT UMM (25 Desember 2011)


Pengalaman adalah pelajaran yang paling nyata dan berharga. Liburan semester ini saya isi dengan mencari pengalaman dan pembelajaran dengan mendatangi acara-acara di luar kampus. Dan kemarin, hari minggu tanggal 25 Desember 2011 saya kembali mengunjungi kampus Universitas Muhammadiah Malang. Kali ini mengikuti seminar Nasional dan workshop yang terselenggara kerjasama antara Forum Diskusi Ilmiah (FDI) dan MUGI (Microsoft User Group Indonesia). Tema yang diusung adalah Science and Society Development Using Microsoft Technology Update. Acara ini diselenggarakan di Aula BAU Lantai II UMM, dengan peserta lebih dari 300, yang terdiri atas mahasiswa UMM, luar kampus UMM, maupun Umum.



Kegiatan ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi bahwa teknologi telah berkembang jauh dari perkiraan kita saat ini, terutama dibidang teknologi informasi. Oleh karena itu kita dituntut agar tidak ketinggalan zaman dan belajar sepanjang hayat untuk terus mengikuti perkembangan tersebut. Microsoft sebagai salah satu raksasa Software di industri teknologi informasi yang saat ini terus mengembang. Dari hal itu sudah selayaknya kita terus meng-update informasi-informasi terkini sehingga kita berfikir dan mengembangkan teknologi informasi tersebut.


Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.11 dan diawali dengan pemateri Robby awaludin as microsoft sdutent partner. Diawal materi, robby sedikit menguraikan tentang Imagine Cup yakni ajang kompetisi IT tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh microsoft sejak tahun 2002. Kompetisi ini mengajak seluruh pelajar didunia untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan didunia. Ratusan juta pelajar dari berbagai belahan dunia telah menyalurkan imajinasi dan inovasi teknologinya pada kompetisi ini. Robby berharap dari semua peserta ini turut serta untuk mengikuti even agung ini. “untuk informasi selanjutnya anda dapat mengunjungi www. Imaginecup.com”, ungkap robby. Narasumber menjelaskan mengenai bagaimana blogging dengan menggunakan WLW (Windows Live Writer). Window Live Writer adalah sebuah tool buatan Microsoft untuk para Blogger agar blogging / ngeblog secara offline. Adapun keunggulan WLW ini yakni 1) hemat waktu dan biaya, 2) mudah digunakan terutama untuk newbie, 3) konten blog secara offline, 4) save konten, 5) bisa mengedit gambar, 6) set kategori secara offline, 7) bisa digunakan untuk lebih dari 1 akun blog. Pemateri langsung mendemokannya, sehingga peserta menjadi lebih mengerti.

Dilanjutkan dengan pemateri selanjutnya yaitu, Airlangga Bhumintara Amitaba as a technichal spesialist microsoft yang mengusung sub judul “Komputasi Awan bagi semua”. Airlangga menjelaskan bahwa could computing merupakan cara memberikan komputasi sebagai layanan sehingga membuat kita dapat menggunakan berbagai aplikasi, mengembangkan platform dan infrastruktur dalam basis kegunaan melalui internet, sangat cocok sekali untuk pengembangan UKM.

Kemudian dilanjutkan dengan Pemateri III yaitu Andik Susilo as Microsoft valuable pro. Dengan mengusung sub judul “Introducing Windows 8”. Andik lebih menekankan pada demo dan mengenalkan win 8 mengenai fitur-fiturnya kepada peserta. “Win 8 ini memiliki Kemampuan 1)booting yang sangat cepat, perlu 8 detik tanpa flashing pada layar BIOS, 2)Semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8 , 3) didukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet juda bukan hanya bisa dipakai di pc tapi juga bisa digunakan untuk Tablet, 4)memiliki tampilan yang segar, menu yang disusun rapi dengan desain Metro, Akses ke jejaring sosial juga bisa langsung dilakukan di layar awal. Jelas andik saat presentasi.


Andik menekankan bahwa kita mempelajari OS ini bukan untuk antipati kepada Operating System lain. Tetapi supaya kita lebih fokus. Andik juga memotivasi kepada peserta untuk memacu kreativitasnya dalam nge-blog, ”bangunlah Curiculum Vitae anda dari sekarang, dengan menulis di dunia maya. Apabila anda melamar perusahaan besar anda akan diminta URL anda, Blog bukan hanya sebagai tampilan doang. Tetapi perusahaan benar-benar nge-check aktivitas anda didunia maya. Dari situ perusahaan akan mengetahui kualitas anda. Jangan pernah takut dan khawatir jika anda merasa terlalu cemen dalam menuis. Justru blog yang paling simpel-lah yang paling tinggi. Masih banyak blogger-blogger lain yang dibawah anda.


Malang, 25 Desember 2011




0 komentar:

Posting Komentar