Pelatihan Desain Grafis (3 Oktober 2013)

Kemajuan dunia komputer  khususnya dunia grafis telah berkembang pesat. Kini telah banyak kemudahan di dalamnya, ditambah fitur-fitur nya yang semakin kompleks. Banyakvendor-vendor yang telah memikat banyak konsumen melalui hadirnya udpate software grafis terbarunya. Hal ini tentunya dapat manambah user atau pengguna dalam mengeksplorasi atau mengimplementasikan ide kreativitas dan inovatif nya dalam berkarya. Bayangkan dahulu orang-orang pendahulu kita membuat desain grafis, baik publikasi kegiatan di kampus, poster expo/pameran hanya sebatas tulisan tangan dan mengandalkan jasa poto kopi untuk keperluan penggandaan. Apalagi dalam mencari ide / gagasan untuk menuangkannya ke dalam gambar, pasti butuh proses lama sekali. Namun kini semua tantangan tersebut dapat terjawab dimasa sekarang. Banyak sumber referensi seperti buku dan lain-lain, mau lebih cepat tinggal klik aja di google desain-desain poster yang bagus, menarik dan disitu pasti dicantumkan tutotialnya. Mudah bukan jaman sekarang! 

Melihat hal demikian, sudah menjadi keharusan untuk mempelajari ilmu grafis di zaman yang serba maju dan penuh kompetisi ini. Apalagi seorang mahasiswa agar menjadi Sumber Daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi tantangan global dan krisis multidimensi yang dihadapi oleh bangsa ini menuntut peranan dan kontribusi aktif dari mahasiswa untuk bergerak melakukan perubahan.

Menyadari hal tersebut, Forum Ukhuwah Studi Islam (FUSI) FT UM mengadakan Workshop Desain Grafis menggunakan Correl Draw dan Photoshop. Dimana yang menjadi pemateri adalah mahasiswa jurusan desain grafis Universitas Negeri Malang, pemateri memang ahli dalam bidangnya sejak duduk di bangku SMA lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di perpustakaan masjid al-hikmah UM dimulai pada pukul 09.00 sampai 16.30 WIB. Dihadiri olehlebih dari 30 peserta. Pelatihan ini menarik banyak peserta mengingat HTM nya terjangkau dan fasilitas full. Peserta leyeh-leyeh di lantai karpet sambil ngemil dan asyik mendesain.

Diawal materi, pemateri menjelaskan bahwa dalam mengerjakan grafis baik correl maupun photoshop harus menekankan pada ide dan konsep. Semuanya mudah dipelajari asala kita mau belajar.  Ketangguhan dan kemampuan program correl draw dan  photoshop sebagai salah satu program grafis unggulan sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali karya-karya dunia yang sudah dihasilkan oleh software tersebut. tandas pemateri.


Setelah materi usai, maka dilanjutkan kegiatan pelatihan yang dipandu oleh trainer grafis. Diakhir kegiatan trainer memberi tantangan kepada semua peserta untuk mendesain poster dakwah, pemenang nantinya akan mendapatkan reward dan poster tersebut merupakan syarat untuk mengambil sertivikat pelatihan.

0 komentar:

Posting Komentar