Ayo, Pacu Robotmu Disini !

Lomba Robot Line Tracer Se-Jawa Bali Tingkat SMA Sederajat (Universitas Negeri Malang)

BRAND LOGO LOMBAGambar 1  POPO (Source: Workshop Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang)

Perkembangan teknologi elektronika begitu pesat dan menjamah disegala bidang kehidupan manusia. Robotika merupakan salah satu cabang ilmu elektronika yang saat ini mendapat perhatian. Kajian dibidang robotika mencakup seluruh elemen keilmuan elektronika yakni Kinematika, Dinamika, Elektronika, Mekanika, Mekatronika, Artifical Intelegence, Fisika, dan masih banyak bidang keilmuan yang dapat include didalamnya. Hal tersebut yang melandasi pengembangan robotika dan kajian robot mulai memasyarakat.

Riset bidang robotika banyak dimulai dari lingkungan universitas, biasanya dilanjutkan dengan kompetisi yang berskala regional, nasional dan internasional. Hal tersebut menunjukkan bahwa Sumber Daya Manusia untuk mengkaji bidang robotika juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu indikator positif tersebut perlu direspon dan terus digalakkan.

Hal inilah yang melandasi Ormawa Workshop Elektro Universitas Negeri Malang untuk menyelenggarakan Lomba robot Line Tracer. Even tahunan ini dinamakan Line Tracer Desain and Contest (LTDC) UM, yang merupakan lomba adu cepat dan adu desain robot line tracer (robot penjajak garis) . di tahun 2012 ini mengusung tema “SEMANGAT MUDA ROBOT INDONESIA” . Tema ini diankat berdasarkan pelaksanaan lomba bertepatan dengan bulan sumpah pemuda yakni oktober tanggal 10 – 11.

Kegiatan ini di ikuti oleh siswa SMA/SMK se-derajad dan Mahasiswa khusus untuk seluruh wilayah Jawa dan Bali dengan kuota peserta 50 team. Kategori yang di lombakan adalah Robot line tracer Mikrokontroller dan Analog, Analog & Mikrokontroller untuk SMA/SMK se-derajat, sedangkan mahasiswa khusus kategori Mikrokontroller. Pendaftaran dimulai pada bulan Juni 2012 dan paling lambat bulan September 2012, bisa dilakukan secara online maupun datang langsung. Info selengkapnya terkait syarat, ketentuan dan teknis ada di situs www.wse-um.com, atau tanya jawab di PIN Blackberry Workshop Elektro UM (2750A109 ).

Diharapkan setelah adanya kegiatan ini dapat menambah kreativitas pemuda – pemudi indonesia dalam bidang robotika serta terjadi jalinan persaudaraan antar peserta untuk terus mengembangkan karyanya. Atmosfer semangat sumpah pemuda yang berkobar 84 tahun lalu akan terasa pada kontes robot ini. Universitas Negeri Malang akan menjadi saksi semangat para pemuda calon penerus bangsa dalam kontes ini.

Ayo pacu robotmu disini, semangat muda robot indonesia, mengaunglah semangat mudamu untuk Indonesia. Maju terus robotika indonesia

.TERBARU

Gambar 2 Poster LTDC 2012 (Source: Workshop Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang)

0 komentar:

Posting Komentar